Rangkuman Sistem Informasi Bab 4

Thursday 3 January 2013



Pendahuluan
Duahal yang terjadi setelah perang dunia ke II yang berdampak luas pada industry dunia hal yang pertama adalah keberhasilan jepang dalam area kualitas manufaktur yang lainnya adalah penemuan computer . saat kedua inovasi tersebut mulai mendapatkan momentum selama 1950an dan 1960an tak seorang pun memperkirakan bahwa keduanya akan berkaiatan sedemikian rupa sehingga praktis mempengaruhi semua produk dan jasa yang di hasilkan di dunia ini.
Dimensi dimensi Kualitas Produk
Kinerja . Di mensi ini mengenai seberapa baik suatu prroduk melakukan apa yang meman harus di lakukannya . contoh nya sejumlah karakteristik kinerja (performance) suatu mobil adalah akselerasi kecepatan jelajah jarak pengereman radius berputar dan kilometer perliter .
Features ini adalah pernak pernik yang melengkapi atau meningkatkan fungsi dasar produk
Keandalan Dimensi Kualitas ini berkaitan dengan kemampuan produk untuk bertahan selama penggunaan yang biasa
Kesesuaian Dimensi Ini berkaitan dengan seberapa baik produk tersebut sesuai dengan standar  bagi pelanggan insdustri yaitu dari perushaan membeli kepada perusahaan lain
Daya Tahan Daya tahan adalah ukuran umur produk, dan teknologi modern memungkinkan hal ini.
Kemudahan Perbaikan Produk Yang di gunakan untuk jangka waktu lama sering harus di perbaiki atau di pelihara
Keindahan . Garvin menyadari bahwa kualitas tidak selalu bergantung pada kemampuan fungsional keindahan suatu produk bagaimana di lihat dan di rasakan dapat menjadi dimensi yang penting
Prespsi Terhadap Kualitas Dimensi ini tidak di dasarkan produk itu sendiri tetapi pada citra atau reputasinya.iklan Peringkat dari para pakar dan pendapat temen dan keluarga dapat mempengaruhi presepsi kita pada kualitas produk
Dimensi Kualitas Jasa
Berwujud ini adalah hal hal yang di lihat pelanggan saaat jasa sedang di kerjakan fasilitas pegawai,perlengkapan dan peralatan
Keandalan Sama Seperti Produk harus handal demikan pula personil jasa harus dapat melakukan pekerjaannya secara konsisten
Respontif Pelanggan tidak ingin harus menunggu untuk di layani
Kepastian Pelanggan mengharapkan personil jasa sopan dan terpelajar
Empathy Personil jasa harus Menunjukkan perhatian yang tulus pada para pelanggan dan kebutuhan mereka
Menajemen Kulitas adalah konsep yang menyatakan bahwa perusahaan dapat mencapai tingkat kualitas yang di inginkannya pada proses produk dan jasanya dengan mengikuti praktek praktek manajemen fundamental.
Beberapa Konsep manajemen Kualitas
1.    Tetapkan tujuan dan inovasi
2.    Ambil Filosofi baru
3.    Hentikan ketergantungan pada inspeksi masal
4.    Hentikan praktek memberikan bisnis berdasarkan harga
5.    Gunakan metode statistic untuk menemukan titidk permasalahan
6.    Lembagakan motde motde modern dalam pelatihan kerja
7.    Perbaiki Pengawasan
8.    Usir rasa takut
9.    Hilangkan halangan antar dapartemen
10. Hapuskan poster – poster dan slogan slogan
11. Hilangkan standar kerja berdasarkan kouta jumlah
12. Singkirkan halangan antar para pekerja dan hak mereka untuk bangga dalam pekerjaan mereka
13. Lembagakan berbagai program pelatihan kembali untuk mengerjar perubahan dan perkembangan baru
14. Ciptakan struktur manajemen puncak yang akan menekankan pokok pokok ini setiap hari
Thesis Utama deming adalah bahwa bukan pekerja yang menetukan kualitas tetapi manajemen
Trilogi Kuaitas Juran
Kualitas dapat diartikan menjadi tiga yaitu Proses dasar perencanaan kualitas pengendalian kualitas dan perbaikan kulitas
Total Quality Control adalah kualitas bukan tanggung jawab bagian manufaktur saja tetapi semua area fungsional berperan . Total quality control atau TQC dan inilah bukti nyata pertama bahwa kulitas adalah tanggung jawab seluruh perusahaan
Manajemen Kualitas strategis
·         Kualitas didefinisikan oleh pelanggan
·         Kualitas di capai oleh manajemen
·         Kualitas adalah tanggung jawab seluruh perusahaan
Kerugian kualitas yang buruk
1.    Kehilangan Bisnis
2.    Tuntuan hokum
3.    Kehilangan produktivitas
4.    Biaya biaya
Keuntungan kualitas yang baik
1.    Pendapatan penjualanan yang lebih tinggi
2.    Biaya lebih rendah
3.    Menghasilkan probabilitas dan pertumbuhan
Dukungan dari subsistem CBIS
Sistem Informasi Akutansi praktis segala sesuatu yang terjadi di perusahan di catat oleh CIA. Saat tindakan berlaangsung dan transaksi terjadi data di masukkan ke dalam database yang menyediakan sumber informasi yang berkaitan dengan kualitas. Contoh data akutansi seperti ini adalah data yang dimasukkan ke dalam terminal pengumpulan data oleh pekerja dan memeriksa kualitas saat produksi berlangsung.Manajemen dapat memantau saat itu juga aktivitas pengendalian kualitas perusahaan .
Sistem informasi Manajemen bertanggung jawab menyediakan informasi bagi manajer di seluruh perusahaan dalam bentuk laporan preodik laporan khusus dan outpu dari model matimatika.
Sistem Pendukung Keputusan Manajer mampu menyesuaikan ouput computer utnuk permasalahan spesifik mereka yang berkaitan dengan kualitas .
Sistem otomatisasi kantor menyediakan kemampuan bagi orang orang di perusahaan memungkin kan mereka untuk berkomunikasi antar merekea sendiri dan dengan pemasok dan pelanggan di lingkunga perusahaan
Sistem pakar perusahaan dapat menggunakan kecerdasan buatan untuk menangkap pengetahuan dan keahlian pegawainya yang paling pandai kedalam bentuk system pakar system pakar berfungsi sebagai konsultasi dan tindakan menggunakan seseorang konsultan di sebut konsultasi.
Dukungan dari subsistem SIM fungsional
Sistem infomasi Pemasaran mencakup subsistem subsistem input yang mengumplkan data bagi databse
Subsistem penelitian pemasaran subsistem ini mengumpulkan informasi mengenai keinginan dan kebutuhan pelanggan melalui teknik teknik seperti wawancara langsung survei melalui telepon dan observasi
Subsistem intelijen Pemasaran subsistem ini mengumpulkan informasi mengenai para pesaing perusahaan . sebagian besar informasi ini dapat di peroleh dengan berlangganan database komersial
MKIS adalah komponen kunci dari manajemen kualitas .MKIS memungkinkan perusahaan bukan hanya menentukan produk dan jasa yang di tawarkan tetapi juga menetapkan kualitas pada tingkat yang tepat


Sumber : Dari Buku Sistem Informasi Jilid 1 karya McLeod 

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 comments:

Post a Comment