Pendahuluan
Duahal
yang terjadi setelah perang dunia ke II yang berdampak luas pada industry dunia
hal yang pertama adalah keberhasilan jepang dalam area kualitas manufaktur yang
lainnya adalah penemuan computer . saat kedua inovasi tersebut mulai mendapatkan
momentum selama 1950an dan 1960an tak seorang pun memperkirakan bahwa keduanya
akan berkaiatan sedemikian rupa sehingga praktis mempengaruhi semua produk dan
jasa yang di hasilkan di dunia ini.
Dimensi
dimensi Kualitas Produk
Kinerja
. Di mensi ini mengenai seberapa baik suatu prroduk melakukan apa yang meman
harus di lakukannya . contoh nya sejumlah karakteristik kinerja (performance)
suatu mobil adalah akselerasi kecepatan jelajah jarak pengereman radius
berputar dan kilometer perliter .
Features
ini adalah pernak pernik yang melengkapi atau meningkatkan fungsi dasar produk
Keandalan
Dimensi Kualitas ini berkaitan dengan kemampuan produk untuk bertahan selama
penggunaan yang biasa
Kesesuaian
Dimensi Ini berkaitan dengan seberapa baik produk tersebut sesuai dengan
standar bagi pelanggan insdustri yaitu
dari perushaan membeli kepada perusahaan lain
Daya
Tahan Daya tahan adalah ukuran umur produk, dan teknologi modern memungkinkan
hal ini.
Kemudahan
Perbaikan Produk Yang di gunakan untuk jangka waktu lama sering harus di
perbaiki atau di pelihara
Keindahan
. Garvin menyadari bahwa kualitas tidak selalu bergantung pada kemampuan
fungsional keindahan suatu produk bagaimana di lihat dan di rasakan dapat
menjadi dimensi yang penting
Prespsi
Terhadap Kualitas Dimensi ini tidak di dasarkan produk itu sendiri tetapi pada
citra atau reputasinya.iklan Peringkat dari para pakar dan pendapat temen dan
keluarga dapat mempengaruhi presepsi kita pada kualitas produk
Dimensi
Kualitas Jasa
Berwujud
ini adalah hal hal yang di lihat pelanggan saaat jasa sedang di kerjakan
fasilitas pegawai,perlengkapan dan peralatan
Keandalan
Sama Seperti Produk harus handal demikan pula personil jasa harus dapat
melakukan pekerjaannya secara konsisten
Respontif
Pelanggan tidak ingin harus menunggu untuk di layani
Kepastian
Pelanggan mengharapkan personil jasa sopan dan terpelajar
Empathy
Personil jasa harus Menunjukkan perhatian yang tulus pada para pelanggan dan
kebutuhan mereka
Menajemen
Kulitas adalah konsep yang menyatakan bahwa perusahaan dapat mencapai tingkat
kualitas yang di inginkannya pada proses produk dan jasanya dengan mengikuti
praktek praktek manajemen fundamental.
Beberapa
Konsep manajemen Kualitas
1. Tetapkan
tujuan dan inovasi
2. Ambil
Filosofi baru
3. Hentikan
ketergantungan pada inspeksi masal
4. Hentikan
praktek memberikan bisnis berdasarkan harga
5. Gunakan
metode statistic untuk menemukan titidk permasalahan
6. Lembagakan
motde motde modern dalam pelatihan kerja
7. Perbaiki
Pengawasan
8. Usir
rasa takut
9. Hilangkan
halangan antar dapartemen
10. Hapuskan
poster – poster dan slogan slogan
11. Hilangkan
standar kerja berdasarkan kouta jumlah
12. Singkirkan
halangan antar para pekerja dan hak mereka untuk bangga dalam pekerjaan mereka
13. Lembagakan
berbagai program pelatihan kembali untuk mengerjar perubahan dan perkembangan
baru
14. Ciptakan
struktur manajemen puncak yang akan menekankan pokok pokok ini setiap hari
Thesis
Utama deming adalah bahwa bukan pekerja yang menetukan kualitas tetapi
manajemen
Trilogi
Kuaitas Juran
Kualitas
dapat diartikan menjadi tiga yaitu Proses dasar perencanaan kualitas
pengendalian kualitas dan perbaikan kulitas
Total
Quality Control adalah kualitas bukan tanggung jawab bagian manufaktur saja
tetapi semua area fungsional berperan . Total quality control atau TQC dan
inilah bukti nyata pertama bahwa kulitas adalah tanggung jawab seluruh
perusahaan
Manajemen
Kualitas strategis
·
Kualitas didefinisikan oleh pelanggan
·
Kualitas di capai oleh manajemen
·
Kualitas adalah tanggung jawab seluruh
perusahaan
Kerugian
kualitas yang buruk
1. Kehilangan
Bisnis
2. Tuntuan
hokum
3. Kehilangan
produktivitas
4. Biaya
biaya
Keuntungan
kualitas yang baik
1. Pendapatan
penjualanan yang lebih tinggi
2. Biaya
lebih rendah
3. Menghasilkan
probabilitas dan pertumbuhan
Dukungan
dari subsistem CBIS
Sistem
Informasi Akutansi praktis segala sesuatu yang terjadi di perusahan di catat
oleh CIA. Saat tindakan berlaangsung dan transaksi terjadi data di masukkan ke
dalam database yang menyediakan sumber informasi yang berkaitan dengan
kualitas. Contoh data akutansi seperti ini adalah data yang dimasukkan ke dalam
terminal pengumpulan data oleh pekerja dan memeriksa kualitas saat produksi
berlangsung.Manajemen dapat memantau saat itu juga aktivitas pengendalian
kualitas perusahaan .
Sistem
informasi Manajemen bertanggung jawab menyediakan informasi bagi manajer di
seluruh perusahaan dalam bentuk laporan preodik laporan khusus dan outpu dari
model matimatika.
Sistem
Pendukung Keputusan Manajer mampu menyesuaikan ouput computer utnuk
permasalahan spesifik mereka yang berkaitan dengan kualitas .
Sistem
otomatisasi kantor menyediakan kemampuan bagi orang orang di perusahaan
memungkin kan mereka untuk berkomunikasi antar merekea sendiri dan dengan
pemasok dan pelanggan di lingkunga perusahaan
Sistem
pakar perusahaan dapat menggunakan kecerdasan buatan untuk menangkap
pengetahuan dan keahlian pegawainya yang paling pandai kedalam bentuk system
pakar system pakar berfungsi sebagai konsultasi dan tindakan menggunakan
seseorang konsultan di sebut konsultasi.
Dukungan
dari subsistem SIM fungsional
Sistem
infomasi Pemasaran mencakup subsistem subsistem input yang mengumplkan data
bagi databse
Subsistem
penelitian pemasaran subsistem ini mengumpulkan informasi mengenai keinginan
dan kebutuhan pelanggan melalui teknik teknik seperti wawancara langsung survei
melalui telepon dan observasi
Subsistem
intelijen Pemasaran subsistem ini mengumpulkan informasi mengenai para pesaing
perusahaan . sebagian besar informasi ini dapat di peroleh dengan berlangganan
database komersial
MKIS
adalah komponen kunci dari manajemen kualitas .MKIS memungkinkan perusahaan
bukan hanya menentukan produk dan jasa yang di tawarkan tetapi juga menetapkan
kualitas pada tingkat yang tepat
Sumber : Dari Buku Sistem Informasi Jilid 1 karya McLeod
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO
0 comments:
Post a Comment