Rangkuman Sistem Informasi Bab 2

Monday 5 November 2012


Pendahuluan
Rencana – rencana strategis ini menyatakan apa yang akan di capai perushaan  dalam lima, sepuluh tahun yang akan datang atau lebih dan menguraikan bagaimana menguraikan tujuan tujuan tersebut akan di capai.
Kegiatan Mengidenfinisikan sumber daya informasi yang akan di butuhkan perushaan di masa depan.mendapatkan sumber daya tersebut dan mengelolanya di sebut perencanaan sumber daya informasi secara startegis .
Spir Adalah tanggung jawab semua manajer tetapi manajer organisasi jasa informasi memainkan peranan penting.Jabatan Cio yaito Chief Officer Information menjadi semakin populer untuk menggambarkan manajer jasa informasi.
Perusahaan Juga merupakan suatu system terbuka.dalam arti berhubungan  dengan lingkungannya.
McKesson Drug adalah Pemasok obat – obatan yang di jual apotik. Mc Kesson telah mencapai IOS yang sangat mirip dengan American Hospital Supply.Sistem McKesson Yang Dinamakan econo most memungkinkan apotik apotik memasukkan data pesanan ke computer mckesson.Pengaturan  ini mengutungkan McKesson maupun para Pelanggannya.
Ada tiga pokok penting mengenai tiga contoh keunnggulan kompetitif di atas.
1.    Tidak satu pun perusuhaan di atas yang puas hanya mengandalkan sumber daya fisik mereka untuk menjadi pesaing yang tangguh,2
2.    Tidak ada aplikasi computer inovatif yang memberikan keunggulan kompetitif yang terus menerus bagi perushaan pemakainya
3.    Ketiga Perusahaan  tersebut memusatkan sumber daya informasi mereka pada pelannggan mereka.
Pandangan Luas Tentang Keunggulan Kompetitif suatu cara untuk mencapai nilai maksimum dari penggunaan informasi sebagai sumber daya kompetitif perushaan harus membangun IOS yang menyediakan Hubungan dengan seluruh delapan lingkungan.

Jenis Jenis Sumber Daya Informasi
Sumber daya informasi karena itu terdiri dari ;
·         Perangkat keras computer
·         Perangkat lunak computer
·         Para Spesialis Informasi
·         Pemakaai
·         Fasikitas
·         Database
·         Informasi
Chief Information Officer adalah manajer jasa informasi yang menyumbangkan keahlian manajerial tidak hanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumber daya informasi tetapi juga area operasi perusahaan lainnya.
Seorang Manajer Jasa informasi dapat berperan sebagai chief information officer dengan mengikuti saran saran berikut
·         Fokuskan pada perbaikan proses dasar bisnis
·         Jangan bersifat defensive
·         Jelaskan Biaya – Biaya IS dalam istilah bisnis.
Perencannan Strategis Fungsional
Setelah rencana strategis untuk perushaan telah di tetapkan, tiap area fungsional bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana strategis mereka sendiri. Rencana – rencana fungsional merinci bagaimana area area tersebut akan mendukung perushaan saat perushaan bekerja menuju tujuan strategisnya.

Transformasi kumpulan startegi
Saat jasa Informasi mulai menggembangkan rencana rencana strategis,pendekatan yang di anjurkan adalah mendasarkan rencana tersebut sepenuhnya pada tujuan strategis perushaan,yang beridiri istilah kumpulan strategi organisasi.
Pendekatan SPIR
Solusi untuk masalah tidak memadainya sumber daya informasi adalah perencanaan strategis sumber daya informasi atau spir saat perushaan menerapkan SPIR,rencana strategis untuk jasa informasi dan rencana strategis untuk perushaan di kembangkan secara bersamaan.
Rencana Perushaan Mencerminkan dukungan yang dapat di sediakan oleh jasa informasi dan rencana jasa informasi mencerminkan kebutuhan dukungan system di masa depan.
Isi Rencana Strategis Sumber daya  Informasi
Tiap Perushaan akan mengembangkan suatu rencana strategis sumber daya informasi yang memenuhi kebutuhannya sendiri.
Intinya rencana itu harus menjelaskan tujuan tujuan yang akan di capai oleh tiap psubsistem CBIS selama priode yang tercangkup dalam jangka waktu perencanaan dan sumber daya informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tujuan tersebut.
Sebagai Contoh bagaimana rencana tersebut dapat di pertimbangkan kebutuhan suatu subsistem  CBIS tertentu misalkan bahwa system persedian akan di modifikasi agar menggunakan pesanan pelanggan di tangani lebih cepat.
Pemakai Akhir Tingkat Menu Sebagian Pemakai akhir tidak mampu menciptakan perangkat lunak mereka sendiri,tetapi dapat berkomunikasi dengan perangkat lunak jadi dengan menggunakan menu menu seperti yang ditampilkan oleh Lotus,dbase dan word perfect

Pemakai Akhir tingkat perintah
Sebagian Pemakai Akhir memiliki kemampuan penggunaan perangkat lunak jadi yang lebih dari sekedar memilih menu.
Pemakai Akhir Tingkat Programmer Sebagian Pemakai akhir dapat menggunakan bahasa bahasa pemrograman seperti basic atau bahasa pemrograman dBase yang terdapat di dalam DBMS tersebut.
Jenis Jenis Aplikasi Pemakai Akhir
·         Sistem Pendukung Keputusan  (DSS) yang terlatif mudah
·         Aplikasi otomatisasi kantor yang memenuhi kebutuhan persorengan
·         Aplikasi SIM dan SIA
·         DSS yang kompleks
·         Aplikasi Otomatisasi kantor yang memenuhi kebutuhan organisasional
·         Sistem Pakar 

Manfaat End-User Computing
EUC memberikan manfaat bagi perushaan dalam dua cara utama EUC memindahkan sebagian beban kerja pengembangan system kepada pemakai serta EUC menghilangkan atau mengurangi kesenjangan komunikasi antara pemakai dan spesialis informasi .
Pemindahan Beban kerja pengembangan system ke area pemakai membebaskan para spesialis untuk berkosentrasi pada system yang kompleks dan berlingkup organisasi sehingga mereka dapat bekerja lebih baik pada area – area tersebut.
Kesenjangan Komunikasi Kesulitan Komunikasi antara pemakai dan para spesialis informasi telah mengganggu pengembangan system sejak masa awal computer pemakai memahami area permasalahan tetapi  tidak mengerti teknologi


Risiko End – User Computing
·         Sistem yang Buruk Sasarannya
·         Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya
·         Penggunaan  sumber daya informasi yang tidak efesien
·         Hilangnya integritas data
·         Hilangnya keamanan 

Elemen elemn IRM yang di perlukan
·         Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
·         Strategi untuk mendorong dan mengelola end-user computing
·         Rencana Strategis formal untuk sumber daya informasi.
·         Perhatian pada sumber daya informasi perushaan saat membuat perencanaan startegis

Model IRM
·         Lingkungan Perushaan
·         Eksekutif Perusahaan
·         Area Fungsional
·         Sumber Daya Informasi
·         Pemakai


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 comments:

Post a Comment